Selasa, 13 Desember 2011

Keamanan data

untuk menjaga keamana data-data, pada saat saat data tersebut dikirim dan pada saat data tersebut telah disimpan di jaringan komputer, maka dikembangkan beberapa teknik pengamanan data. berikut ini beberapa teknik pengembangan data yang ada pada saat ini.
1. Enkripsi
enkripsi adalah sebuah proses yang melakukan perubahan sebuah kode dari yang bisa dimengerti menjadi sebuah kode yang tidak bisa dimengerti (tidak terbaca). enkripsi juga dapat diartikan sebagai kode atau chipper

2. firewall
firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang diizinkan lalu lintas jaringan yanmg dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. firewall umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa aja yang memilih akses pribadi, perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, menjadi esensial

3. kriptografi
kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita (Bruce Schneier _ Applied Cryptography). atau ilmu yang memplajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, integritas data, serta auntetikasi.

4. Secure socket layer (SSL)
secure soccerlayer adalah suatu bentuk penyajian data sehingga informasi rahasia seperti nomor kartu kredit atau kontrol autentikasinya tidak dapat dibaca atau diakses oleh pihak selain pemiliknya dan server (pemilik servis)

5.Hacker
adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar