Selasa, 13 Desember 2011

pengelolaan dan tampilan isi file dan folder


PENGELOLAAN FOLDER DAN FILE

Windows Explorer
Fasilitas didalam Sistem operasi Microsoft Windows untuk mengatur /membuat Folder dan File adalah Windows Explorer. Windows Explorer menampilkan scara lengkap isi dan hirarki suatu File dan folder serta menampilkan keseluruhan isi dari file tersebut. Untuk membuka aplikasi tersebut klik tombol Start Menu, lalu arahkan pointer ke Program > Accessories > Windows Explorer.

Windows Explorer juga dapat diaktifkan dengan berbagai cara, dapat dibuka pada ikon My Document, dapat juga di klik kanan pada tombol start menu, atau kombinasi tombol _ dan huruf E pada keyboard.
Mengubah tampilan isi Folder
Dalam keadaan tetap, windows hanya memperlihatkan keterangan singkat tentang isi dari windows explorer. Bila ingin mengubah tampilan isi folder tersebut yaitu dengan mengklik menu View atau tombol toolbar,
Setelah melihat isi dari menu view, klik salah satu perintah tersebut.
Mengubah urutan tampilan folder
Apabila folder dan drive tidak beraturan secara abjad, maka langkah yang dilakukan agar terlihat rapi adalah mengklik menu View lalu arahkan pointer ke Arrange Icons by.
Adapun pilihan tersebut adalah Name, Size, Type, Modified
Membuat, Menghapus dan Mengganti nama Folder
Folder berfungsi diumpamakan rak yang dilengkapi dengan lacinya. Kegunaan lainnya adalah untuk tidak membingungkan pada saat penyimpanan data yang tergolong banyak jenis filenya.
Panduan : Untuk memilih file atau folder lebih dari satu, dapat dilakukan dengan cara memilih salah satu file atau folder yang dipilih, lalu pindahkan pointer mouse pada file atau folder yang lain, tekan tombol Shift kemudian klik mouse pada file atau folder yang akan dikopi. Cara yang lain adalah dengan menggunakan tombol Ctrl, lalu pilih file atau folder sambil menahan tombol Ctrl.
Membuat Folder
Untuk membuat folder, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
1. Pada Windows Explorer, klik File arahkan pointer ke New > Folder atau dengan mengklik ruang kosong di sisi kanan Windows Explorer.
Pada sisi kanan dari windows Explorer, folder akan muncul dengan nama New Folder. Nama folder tersebut dapat diketik dengan menekan tombol back space. Setelah mengetikkan nama folder tersebut, tekan Enter.
Mengganti nama folder
Pilih folder yang akan diganti lalu klik menu File lalu arahkan pointer ke Rename lalu klik. Maka folder tersebut, meminta untuk mengganti nama folder tersebut.
Tips:
Folder dapat diganti namanya dengan cara pilih folder lalu tekan tombol F2.

Menghapus Folder
Pilih folder yang akan dihapus, lalu klik menu File lalu arahkan pointer ke Delete lalu klik. Kotak dialog konfirmasi untuk menghapus, tetapi folder yang dihapus sebenarnya akan dipindahkan dulu ke Recycle Bin. Lalu klik Yes.
Mengkopi folder
Sebagai latihan buat dua folder, lalu berikan nama. Kopi folder berguna untuk menggandakan folder, file ke tempat yang lain. Pilih salah satu folder yang hendak dikopi, klik kanan folder yang dipilih, maka sub menu akan tampil lalu pilih Copy atau dengan combinasi tombol keyboard Ctrl + C. Lalu pilih Paste atau Ctrl + V.
Memindahkan folder dan File
Folder atau file dapat dipindahkan ke lokasi yang diinginkan, untuk memindahkan folder tersebut gunakan langkah sebagai berikut :
1. Pilihlah folder atau file yang ingin dipindahkan
2. Klik Edit lalu klik Cut atau dengan kombinasi tombol Ctrl + X.
3. Pilih drive, folder atau tempat dimana file atau folder tersebut akan dipindahkan.
4. Setelah memilih tempat tujuan, klik Edit kemudian pilih Paste atau kombinasi tombol Ctrl + V.  Langkah memindahkan file atau folder ini dapat dilakukan dengan mengklik kanan file atau folder yang akan dipindahkan. Setelah itu pilih Cut, lalu pilih tempat tujuan dan klik Paste.
Mengubah atribut Folder dan File
Folder dapat diubah atributnya sesuai dengan keinginan. Adapun atribut pada folder adalah sebagai berikut :
1. Read Only, berfungsi untuk menutup akses penulisan ulang, atau hanya sekedar dibaca atau dilihat.
2. Hidden, berfungsi untuk menyembunyikan folder.
Perhatikan langkah-langkah berikut didalam mengubah attribut file dan folder.
Mengaktifkan Read Only pada Folder
1.      Pilih Folder yang akan diubah attributnya dengan mengklik kanan folder tersebut.
2.      Kemudian arahkan penunjuk dan klik Properties.
3.      Check pada kotak check Read Only kemudian klik OK
Mengaktifkan Hidden pada Folder
1.      Pilih Folder yang akan diubah attributnya dengan mengklik kanan folder tersebut.
2.      Kemudian arahkan penunjuk dan klik Properties.
3.      Check pada kotak check Hidden kemudian klik OK.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar